Bisnis Event Organizer

Saat ada event/acara yang diadakan dalam suatu kota atau daerah pasti kita sangat antusias untuk mengunjunginya seperti pameran atau dari event tertentu. Berkunjung ke pameran atau event pasti sangat menyenangkan melihat berbagai barang yang dijual, pertunjukan, hingga aneka makanan yang dijajakan dalam sebuah event.

Ditambah lagi dengan kehadiran artis yang menambah pengunjung sangat ingin mengunjungi event tersebut. Pernahkan kalian terpikir bagaimana event-event tersebut terselenggara hingga bisa mengundang ratusan hingga ribuan orang untuk datang…Yap event-event tersebut biasanya adalah hasil dari kerja sebuah Event Organizer yang dimana setiap ada acara-acara tersebut membutuhkan jasa event organizer.

Apakah event organizer itu? Apakah pekerjaan mereka hanya menyelenggarakan pameran-pameran atau event-event besar yang mendatangkan banyak orang? Kita akan bahas satu per satu mengenai event organizer.

Apa itu event organizer?

Event organizer adalah jasa yang ditawarkan untuk menyelenggarakan suatu event/acara dan juga event organizer berperan sebagai pengorganisir dalam suatu event.

Event organizer membantu client dalam pengolahan acara dari menyusun konsep hingga saat acara berlangsung.

Event organizer harus bisa memahami keinginan dari client dari acara yang akan dia laksanakan.

Apa pekerjaan event organizer?

Event organizer atau EO bertugas untuk menyelenggarakan acara dari konsep, mengkoordinir acara sampai acara selesai. Tugas event organizer juga membantu kliennya dalam menyelenggarakan acara sesuai dengan yang diinginkan.

Apakah event organizer hanya menyelenggarkan pameran atau event besar?

Tentu tidak. Event organizer bisa mengerjakan berbagai acara sesuai dengan kebutuhan acara yang diinginkan oleh client mulai dari skala kecil hingga besar, event nasional maupun internasional tergantung dari yang ditawarkan oleh event organizernya tersebut. Event organizer melayani dalam berbagai jasa event dari meeting, acara ulang tahun, pernikahan ( wedding organizer), dll.

Tips bisnis event organizer

Event organizer saat ini sudah menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh banyak orang. Di kota-kota besar sudah tidak sulit lagi dalam mencari event organizer untuk berbagai event. Event organizer juga sebagai pekerjaan yang menjanjikan karena banyak orang yang sudah mempercayakan event organizer untuk menyelenggarakan acaranya. Beberapa jasa event organizer pun bukan hanya sebagai jasa penyelenggaraan event tetapi ada juga sebagai vendor event atau penyedia alat-alat perlengkapan event. Tetapi dibalik bisnis event organizer yang menjanjikan juga perlu hal-hal yang harus diperhatikan agar bisnis event organizer kita tidak kalah bersaing dengan bisnis event organizer lain. Berikut adalah tips agar menjalankan bisnis event organizer dengan sukses:

1. Semangat yang tinggi

Pertama dalam menjalankan bisnis event organizer harus mempunyai semangat dalam menyelenggarakan suatu event. Tugas dari event organizer mulai dari menghampiri client dimanapun untuk menanyakan bagaimana event yang diinginkan, mengkonsep dari awal bagaimana event akan dilaksanakan, survei tempat event yang akan dilaksanakan, survei kebutuhan event.

Saat membuat konsep sering terjadi banyak perubahan sehingga suatu event organizer harus mempunyai semangat yang tinggi sehingga event bisa sesuai konsep dan bisa dilaksankan dengan sesuai yang diharapkan.

2. Tim yang solid

Dalam suatu event organizer memiliki banyak anggota hingga disebut tim. Event organizer pasti membutuhkan sejumlah keahlian sehingga tidak mungkin  suatu event dilakukan sendiri. Dengan banyak keahlian yang diperlukan tentunya harus memiliki komunikasi dan kerja yang sejalan sehingga event bisa dengan mudah dilaksanakan.

3. Pengalaman yang cukup

Hal yang dimiliki dari jasa event organizer adalah keahlian dibidangnya dan pengalaman cukup dalam menjalankan bisnis ini. Keahlian yang kurang maksimal dan pengalaman yang minim akan mempersulit dalam menjalankan bisnis event organizer karena tidak semua orang dapat menjalankan bisnis event organizer ini kalau tiidak dengan keahlian khusus dan pengalaman yang cukup.

4. Memiliki banyak koneksi

Bisnis event organizer tidak terlepas dari orang-orang yang memerlukan jasa tersebut. Relasi  yang banyak menjadi salah satu hal yang penting dimiliki oleh suatu event organizer untuk mendatangkan banyak client.

Kemampuan membangun relasi yang baik dan kuat akan menjadi langkah baik agar mendapatkan rekomendasi dari para client untuk mendatangkan client baru atau mempunyai client tetap.

5. Memiliki kreativitas dan inovasi

Dalam menyelenggarakan acara membuat konsep haruslah tidak monoton yang akan membuat client bosan. Konsep dari suatu acara harus bisa mengikuti trend terkini.

Memiliki  kreativitas yang tinggi untuk menciptakan konsep yang menarik adalah hal yang dibutuhkan dalam bisnis event organizer. Ditambah lagi adanya inovasi-inovasi baru agar konsep akan terus berkembang.

6. memiliki akun sosial media

Zaman sekarang semua informasi mudah diakses dengan adanya social media. Bisnis event organizer pun juga harus memiliki social media agar berbagai informasi mudah didapat oleh client dan kegiatan-kegiatan acara bisa dilihat oleh para client.

Media social seperti website dan Instagram sangat penting untuk dimiliki sebagai media resmi untuk membantu mempromosikan bisnsi event organizer.

7. Tidak berhenti belajar

Banyaknya bisnis event organizer saat ini pastinya persaingan semakin ketat. Perkembangan trend pun selalu berganti-ganti, penting untuk suatu event organizer mengikuti trend terkini yang membuat inovasi baru untuk para client. Selalu belajar agar bisa menjadi yang terbaik sangat lah perlu agar menghasilkan suatu ide yang membuat client akan selalu mempercayakan event organizer anda.